Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Analisis Komunikasi: Real-Time

Anda baru saja meninjau hasil akhir dari kampanye media proaktif terakhir Anda untuk meluncurkan produk atau layanan baru tersebut. Jumlahnya terlihat cukup bagus: tayangan media mencapai jutaan; cakupan dibagi secara merata antara siaran dan cetak; dan sebuah koran nasional terkemuka memuat tiga cerita tentang peluncuran itu—cukup mengesankan. Tapi bisakah itu lebih baik?


Analisa ini

Menganalisis masalah atau kampanye adalah langkah besar pertama untuk benar-benar memahami keberhasilan atau kegagalan komunikasi. Dengan jadwal sibuk dan/atau anggaran klien yang ketat, lebih sering daripada tidak, analisis media tidak selalu dilakukan. Investasi besar sedang dilakukan untuk mengumpulkan konten media, tetapi tidak untuk mengukur dan menganalisis tren, keberhasilan, dan area untuk perbaikan. Cerita sering kali langsung disimpan atau didistribusikan ke kelompok terbatas, tidak pernah dilihat lagi atau dianalisis sama sekali.


Jika Anda sudah melakukan analisis media yang sedang berlangsung, setengah pertempuran dimenangkan. Tapi jika tidak, Anda bisa bertaruh klien atau direktur Anda akan segera memintanya. Teknologi analisis baru yang dikombinasikan dengan peningkatan ekspektasi untuk menentukan ROI (Pengembalian Investasi) komunikasi membuat analisis menjadi suatu keharusan, bukan keharusan.


Setelah Anda menentukan kebutuhan atau pentingnya analisis, apa selanjutnya? Di sinilah kebingungan dapat terjadi. Seperti yang diharapkan, setiap orang memiliki definisi mereka sendiri tentang bagaimana konten media harus dianalisis berdasarkan pengalaman mereka sendiri. Dan biasanya masalah standar dan formula PR muncul…dan saat itulah hal-hal sering terhenti.


Tapi sebelum Anda masuk ke bagaimana Anda akan menganalisis, Anda harus terlebih dahulu menentukan apa yang Anda tertarik untuk menganalisis. Berikut adalah beberapa pertimbangan:


Lacak kesuksesan dalam publikasi dan media utama berdasarkan kesesuaian demografis

Evaluasi penetrasi pesan utama dalam cerita media

Lacak kualitas - bukan hanya kuantitas - cakupan

Tentukan kesuksesan vs. pesaing

Keberhasilan penjemputan juru bicara

Tentukan ROI kampanye

Ukur kesetaraan iklan (jika perlu!)

Pantau perbandingan penetrasi regional

Tabulasi tayangan media/jumlah audiens

Bandingkan masalah utama dan/atau penetrasi produk

Hasil editorial atau komentar/surat media lainnya kepada editor


Ada banyak cara untuk menganalisis dan referensi silang informasi. Tetapi Anda harus mencatat bahwa Anda dapat menyelesaikan semua pertimbangan di atas tanpa harus bingung dengan pengganda PR atau rumus yang rumit. Kuncinya adalah menentukan apa yang Anda minati dalam mengevaluasi dan membuat tolok ukur untuk perbandingan di masa mendatang. Dan jika Anda masih ingin menambahkan pengganda PR, Anda bisa, selama Anda konsisten dengan formula yang sama. Jadi, apakah Anda mengalikannya dengan faktor 3, 5, atau 10, liputan selalu dievaluasi secara konsisten dan oleh karena itu dapat dilihat sebagai penggambaran yang tidak bias dan akurat.


Go Elektronik, Go Real-Time

Meninjau keberhasilan peluncuran produk baru, dampak krisis pada organisasi Anda, atau perbandingan bulanan setelahnya dapat memberikan wawasan yang berharga untuk perencanaan masa depan. Tapi bayangkan perubahan yang bisa Anda buat jika Anda memiliki data real-time yang tersedia di ujung jari Anda dalam sekejap. Menggunakan data waktu nyata yang dapat Anda pantau:


Daerah mana yang paling sukses dan mana yang perlu diperhatikan

Informasi yang salah dipublikasikan sehingga Anda dapat memperbaikinya

Publikasi mana yang membutuhkan panggilan tindak lanjut lainnya?

Isu apa yang paling menarik perhatian?

Kualitas dan nada liputan

Dampaknya pada organisasi Anda

Taktik apa yang berhasil dan mana yang tidak

Bagaimana Anda dapat mendukung tren media terkini atau taktik atau kesuksesan pesaing


Manfaat analisis waktu nyata tidak terbatas dan penting. Mengetahui bahwa Anda dapat memiliki pengaruh yang tepat waktu pada hasil akhir peluncuran produk baru adalah memberdayakan dan membantu berbicara dengan kekuatan nyata PR.


Kombinasi analisis waktu nyata dan pembandingan akan memberi Anda alat untuk meningkatkan hasil kampanye di tengah-tengah dan menganalisis keberhasilannya dengan benar menggunakan serangkaian tujuan dan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya. Jadi, jadikan tahun 2005 sebagai tahun Anda mulai membandingkan analisis Anda—kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang dampak strategi komunikasi Anda yang akan membuahkan hasil untuk tahun-tahun mendatang.